ANALISIS ALOKASI BELANJA OPERASIONAL KEMENTERIAN NEGARA/LEMBAGA:ANALISIS ALOKASI BELANJA OPERASIONAL KEMENTERIAN NEGARA/LEMBAGA:

PENGARUH TOTAL PAGU BELANJA TERHADAP PERILAKU BELANJA OPERASIONAL

  • Lies Kurnia Irwanti
Keywords: komponen 002, belanja operasional, efisiensi, penganggaran

Abstract

Permasalahan klasik dalam penganggaran untuk mendayagunakan sumber dana yang terbatas dengan efisien guna tercapainya tujuan yang ditetapkan, juga terjadi dalam penganggaran komponen 002. Komponen 002 yang merupakan bagian penting dari penganggaran karena digunakan oleh seluruh Kementerian Negara/Lembaga untuk membiayai operasional perkantoran demi terlaksananya tugas fungsi kantor tersebut, perlu diteliti kaitannya dengan total pagu anggaran  yang diberikan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui pola yang terjadi selama ini, apakah mendukung efisiensi atau tidak. Untuk menjawab hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode korelasi Rank Spearman dan statistik deskriptif dimana hasilnya diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan khususnya terkait komponen 002.

References

Keynes, John Maynard. 2006. General Theory of Employment, Interest and Money. Atlantic Publishers & Distributors(P)LTD: New Delhi.
Nordiawan, Deddi. Iswahyudi Sondi Putra. Maulidah Rahmawati. 2012. Akuntansi Pemerintahan. Salemba Empat: Jakarta.
Soejono. 2005. Metode Penelitian Deskriptif. Rineka Cipta: Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.
Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta: Bandung.
Published
2017-06-30