PENGARUH KEBIJAKAN AT COST TERHADAP ALOKASI ANGGARAN PERJALANAN DINAS

  • Anak Agung Nova Swandana Direktorat Jenderal Anggaran
Keywords: Perjalanan dinas, at cost, lump sum, belanja negara, anggaran sektor publik

Abstract

Kebijakan penerapan mekanisme at cost pada perjalanan dinas membawa dampak pro dan kontra. Sampai dengan saat ini belum ada penelitian yang berusaha membahas mengenai pengaruh penerapan at cost tersebut. Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional yang berusaha untuk menemukan pengaruh atas kebijakan tersebut pada alokasi anggaran perjalanan dinas dengan mengangkat variabel pagu anggaran, belanja barang, uang harian, dan transportasi. Jangkauan penelitan ini mulai dari tahun 2005 hingga 2011. Untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan, digunakan metodologi analisis uji beda dan regresi statistika. Analisis uji beda untuk menguji apakah terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah penerapan at cost, dan regresi statistika untuk mengetahui secara lebih mendetail hubungan antara variabel dengan mekanisme at cost. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan alokasi pagu perjalanan dinas antara sebelum dan sesudah penerapan at cost. Sedangkan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap perjalanan dinas adalah: uang harian, pagu perjalanan dinas, dan pagu belanja barang. variabel-variabel tersebut mempengaruhi perjalanan dinas sebanyak 56%. Selain itu, terdapat variabel lainnya yang memberikan kontribusi pengaruh sebesar 44% terhadap perjalanan dinas.

References

Anderson, James A. (1975). Public Policy Making: Basic Concept in Political Sciences. New York: Praeger University Series.
Baltagi, Badi H, Georges Bresson, dan Alain Pirotte. 2007. “Panel Unit Root Tests and Spatial Dependence.” Journal of Applied Econometrics, 22(2), 339-360.
Baltagi, BH., et al., 2007, Testing for Serial Correlation, Spatial Autocorrelation, and Random Effect using Panel Data, Journal of Econometrics, 140, 5-51.
Mardiasmo, Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Andi Yogyakarta, 2002, 61-74
Park, Hun Myoung. 2011. Practical Guides to Panel Data Modeling: a step by step analysing using stata. Tersedia di: http://www.iuj.ac.jp/faculty/kucc625/method/panel/panel_iuj.pdf [2014, 8 Agustus].
Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata.2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Prof.Dr. Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Penerbit Alfabeta.
Rusdin Pohan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Lanarka Publisher, Yogyakarta 2007.
Sarwo,jonathan.2006.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif .Jogja:Graha Ilmu
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2002.
Suharto, Edi. 2008. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik.Bandung: Alfabeta
Tejoyuwono Notohadiprawiro dalam makalahnya: Metodologi Penelitian dan Beberapa Implikasinya dalam Penelitian Geografi, Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta 1991.
Titmuss, Richard, 1974, Sociol Policy: An lntroduction, Alten and Unwin, London
Umi Proboyekti dalam makalahnya: Apa itu Research, Riset atau Penelitian?, Fakultas Teknik UKDW, Yogyakarta.
Widarjono, Agus. 2009. Ekonometrika: pengantar dan aplikasinya. Penerbit Ekonisia. Yogyakarta.
Published
2017-12-29